Cara Menangani Email Promosi Di Gmail Yang Membanjiri Inbox

2 comments

email-1345921Bagi pengguna Gmail, pasti sering sekali menerima email spam, update socmed, newsletter dan email promosi di Gmail. Semua email tersebut datang juga karena user yang sadar atau tidak sadar mendaftarkan email nya pada layanan atau website tertentu dan menjawab “Ya” saat ditanyai apakah mau dikirimi email promosi dsb-nya.

 

Email-email tersebut selalu datang 2-4 kali tiap hari. Saking banyaknya, kita hampir tidak punya waktu untuk membaca satu per satu. Akhirnya menumpuk dan tak terurus. Memadati inbox dan memakan sisa storage email kita. Padahal email semacam promosi hanya berlaku untuk periode terbatas.

 

 

‘Customize Tab’ Itu Sangat Membantu

 

Bagi user yang mengakses Gmail melalui platform lain seperti Microsoft OutLook, akan kesulitan memilah email penting yang tertimbun oleh email promosi dan kawan-kawannya. Sedangkan user Gmail asli sedikit terbantu dengan ‘Customize Tab’ dari Google. Tab ini membuat email promosi, newsletter dan update soc med menjadi terpisah dengan rapih dari email biasa/ penting. Seperti contoh gambar di bawah ini.

 

Gmail layout

 

 

Email Promosi Di Gmail Itu Penting Buat Dapat Diskon!

 

Aku termasuk pengguna Gmail asli dan sering menerima email promosi dan sejenisnya. Aku bisa saja menghentikan kedatangan mereka dengan melakukan unsubscribe (membatalkan langganan) pada situs masing-masing. Tapi aku sangat perlu email-email tsb. Lumayan buat mendapat info diskon atau update penting lainnya. Namun jika sudah terlalu lama tak dibuka, aku jadi malas melihatnya. Ingin menghapusnya namun langsung pusing setelah melihat jumlah yang mencapai ratusan hanya dalam waktu 1 minggu saja.

 

 

Manfaatkan Fitur Filter!

 

Ya, setiap layanan email punya fitur filter. Di Gmail, fitur ini bahkan lebih jagoan dari filter layanan email lainnya. Kali ini aku akan mencontohkan cara menghapus email promosi dari Gmail yang umurnya di atas 1 bulan (30 hari) dengan filter. Monggo disimak.

 

1. Masuk ke settings -> Filters -> Create New Filter

2. Pada textbox “Has The Words”, ketik kata kunci di bawah ini;

category:promotions older_than:30d

 

3. Klik “Create Filter With This Search”

 

Gmail Filter

 

4. Centang pilihan “Delete it”

5. Centang pilihan “Also apply filter to….”

*Ini akan membuat aksi filter akan berlaku pada email yang sudah ada.

 

6. Klik tombol “Create Filter”

 

Gmail Filter

 

 

Selesai! Semua email berlabel/ kategori Promotions yang lebih dari 30 hari akan terhapus otomatis dari Gmail. Kategori bisa diganti kategori/ label lain yang kita buat. Aku tidak yakin apakah kata kunci di atas bisa digunakan untuk filter Gmail melalui platform lain. Soalnya sistem  peng-kategorian tidak terbawa pada platform lain.

 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. (Bang Ganteng)

 

2 Comments on “Cara Menangani Email Promosi Di Gmail Yang Membanjiri Inbox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *