Rutinitas Hari Minggu Juga Perlu Istirahat

No comments exist

Baru kusadari, walau hari libur, semua hal yang termasuk rutinitas hari minggu itu perlu ada momen istirahat. Layaknya hari biasa. Entah itu satu atau cuma setengah jam. Yang pasti akan lebih baik di sekitar waktu sholat Dzuhur. Inilah artikel dadakan yang muncul begitu saja di benak ku siang ini. Silakan dibaca.

 

rutinitas hari minggu

 

Percaya Gak Percaya, Aku Punya Rutinitas Hari Minggu

 

Biasanya terdiri dari mencuci pakaian, memasak, pel lantai sampai bersihin rumah. Ya, memang terkesan aku memforsir nya pada satu hari ini. Seharusnya bisa dibagi di hari lainnya. Tapi ya begitulah kenyataannya setiap hari. Tantangan nya adalah jika yang dicuci dan dimasak itu dalam jumlah besar. Wow.

 

Dulu, aku sering menumpuk semua cucian ku hanya di hari minggu. Sehingga harus punya energi dan kemauan ekstra keras untuk mengerjakannya. Itu pun syukur kalo aku bangun pagi dan langsung nyuci. Syukur juga kalo cucian bisa kering setelahnya. Kalo gak, ya gak pake apa-apa ke kantor. Hehehehe

 

Rutinitas Hari Minggu
Hahahaha… Sempak dimana-mana… Maklum anak kost

 

Mulai bulan Agustus 2016, aku sudah mengurangi porsi Rutinitas hari minggu. Mulai dari cucian sampai bersih-bersih dan masak. Karena setiap hari aku sudah mencuci pakaian, otomatis pada hari minggu aku hanya mencuci sarung dan pakaian 1 hari sebelumnya. Begitu pula dengan memasak dan membersihkan rumah. Semua sudah aku kurangi porsi nya. Alhasil, hari minggu, sebelum jam 12 semua sudah kelar.

 

Nah di sela-sela melakukan aktivitas tersebut, aku menyempatkan diri beristirahat. Capek nya memang tidak seberapa. Tapi tetap saja, istirahat sebentar sambil menikmati hembusan angin dan meneguk air mineral rasanya memberi manfaat lebih.

 

 

Kenikmatan yang didapat serasa kayak di surga.

 

Air mineral yang sejuk membasahi kerongkongan. Melap dinding lambung dengan pelan dan tak mengagetkan. Hembusan angin membelai lembut pori-pori kulit. Walau di cuaca terik, dengan bersikap tenang sejenak saja, kita dapat merasakannya lewat dan hinggap di pori-pori kulit.

 

20130811_201321 Es Limus
Bukan Air Mineral tuh!

 

 

Aku Pilih Jam 12 Siang Untuk Istirahat

 

Durasi nya kadang sampai 1 jam lebih. Ini karena aku sudah terbiasa dengan rutinitas kantor. Namun bisa juga aku ambil waktu lain. Yang penting aku fleksibel saja. Toh ga ada yang ngelarang. Namun jam 12 adalah yang terbaik menurutku, karena akan selaras dengan ritme kerja tubuhku dengan hari-hari lainnya. Juga sudah masuk waktu sholat dzuhur.

 

 

Membantuku Mengevaluasi

 

Istirahat ini membantuku mengevaluasi hal-hal yang aku lakukan tadi. Apa yang kurang. Apa yang salah. Sehingga aku bisa memperbaikinya dengan sempurna saat tubuhku sudah siap kembali melanjutkan rutinitas hari minggu tersebut.

 

Man Evaluate His Work
Apa Yang Belum? Apa Yang Salah?

 

 


 

Itulah keistimewaan istirahat. Hak sederhana yang kadang kita pandang sebelah mata. Karena sama seperti rutinitas di hari-hari biasa, di rutinitas hari minggu pun aku rasa sangat memerlukan nya. (Bang Ganteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *