Review Zootopia (2016) – Animasi Fabel Yang Terlalu Dewasa

No comments exist

Kali ini Bang Ganteng ingin bahas film Animasi produksi Walt Disney Pictures yang berjudul Zootopia. Film animasi fabel rilisan tahun 2016 ini bertemakan “Zero to Hero” dan Buddy-Cop.

Zootopia 2016 3D-Animated

Bagi yang belum tahu, Zero to Hero yaitu kisah perjuangan keras dari seorang individu biasa menjadi pahlawan. Sedangkan “Buddy-Cop” adalah tema cerita tentang pasangan polisi atau yang sulit akur sehingga kerap menimbulkan komedi yang akan mengocok perut. Otomatis, film ini cocok bagiku. Animasi nya indah dan menggemaskan walau di paruh akhir cerita agak melambat dan klimaks nya terburu-buru menghasilkan konklusi yang instan.

Zootopia 2016 3D-Animated

Anyway, Aku buat review ini karena sudah menonton versi ehm… web-dl nya. Karena Web-dl adalah versi screen capture dari tayangan streaming, tentu saja kualitas nya tidak sebagus di bioskop atau versi blu-ray. Setidaknya Gambar dan efek suara sudah enak ditonton kok.

Zootopia 2016 3D-Animated

Sinopsis (Bukan Rekap, soalnya aku gak sanggup):

Zootopia adalah dunia dimana semua spesies hewan dari serangga hingga mamalia dan predator hidup damai satu sama lain dan memiliki peradaban maju. Setelah ratusan tahun mereka berhasil melupakan masa lalu mereka sebagai Predator dan Mangsa. Berkisah tentang seorang kelinci perempuan bernama Judi Hopps (Ginnifer Goodwi) . Dengan jiwa keadilan yang kuat, dia berhasil menjadi Polisi Kelinci pertama di Zootopia. Kendati begitu, kepala polisi Chief Bogo sang Banteng (Idris Elba ) malah menugaskannya menjadi Polantas.

Tidak mau terus-menerus dipandang sebelah mata sebagai mamalia mungil nan lemah, Judy mengkonfrontasi Chief Bogo. Sebal, Chief Bogo menantangnya untuk menyelesaikan sebuah kasus, menemukan seekor berang-berang yang menghilang. Dia diberi waktu 2 hari. Jika dia gagal, dia harus resign. Kendati begitu, Judy tetap menyetujuinya.

Zootopia 2016 3D-Animated

Dengan kecerdikannya, Judy berhasil membuka petunjuk pertama yang mempertemukannya dengan rubah penipu cerdik bernama Nick Wilde (Jason Bateman). Ternyata ini adalah bagian kasus menghilangnya berbagai hewan predator yang belum bisa diselesaikan oleh kepolisian Zootopia. Dengan terpaksa, Wilde membantunya menemukan si berang-berang. Perjalanan duo dengan sifat bertolak belakang ini akan membawa kita semua untuk menguak rahasia terdalam dari Zootopia.

Review Bang Ganteng:

Seperti yang aku paparkan di awal, ceritanya sangat bagus. Bahkan mampu memberi pesan moral yang kuat. Kisah polisi underdog yang berusaha memecahkan kasus mustahil dibantu oleh Partner yang tak terduga. Walau bagi penikmat film alias Movie-Freaks seperti aku, film bertema buddy cop sejenis udah banyak dan formula plot ceritanya hampir semua sama saja. Tidak orisinil dan sudah bisa tertebak dari awal.

Kekuatan terbesar film ini terletak pada animasi universe Zootopia yang begitu mengagumkan. Kedigdayaan Disney dalam menyajikan animasi yang hewan detail namun tetap Harm-less alias tidak berisiko ditonton anak kecil. Semua tampil penuh warna dan keceriaan.

Zootopia 2016 3D-Animated

Penyajian stereotype antara hewan jenis Predator (Hewan Karnivora) dan Mangsa (Mamalia) muncul dengan kocak dan namun tetap sedikit masuk akal. Jenis mamalia terutama yang kecil selalu dianggap lemah dan tidak pantas menjadi pihak yang berwenang terhadap keamanan. Sebaliknya, Hewan Karnivora alias predator selalu dianggap paling kuat dan haus kekuasaan bahkan dianggap berbahaya. Segi dubbing cukup bagus lah ya.

Kelemahan terbesar baru terjadi di paruh akhir cerita saat banyak dialog rumit (agak susah dipahami penonton belia) muncul secara instan. Cerita jadi lambat dan konklusi ending nya terasa buru-buru sehingga kurang memuaskan.

Zootopia 2016 3D-Animated

Untuk soundtrak utama, film ini menggunakan lagu nya SHAKIRA berjudul Try Everything yang ternyata ciptaan SIA sudah bisa dinikmati dari awal hingga akhir film. Terdengar cukup catchy dan cocok dengan jalan cerita walau menurutku tidak begitu memorable. Oh iya, Shakira juga mengisi suara si penyanyi terkenal Zootopia bernama Gazelle.

Zootopia 2016 3D-Animated

Oke, sekian dulu, semoga kalian berhasil menemukan dan menonton film ini juga. Saksikan trailer nya di bawah ini. (Bang Ganteng)

 

Sutradara :  Byron Howard & Rich Moore
Studio :  Walt Disney Pictures
Tanggal Rilis :  March 4, 2016
Powered by WP Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *