Review Sailor Moon Crystal S03xE02 Act 27. Infinity 1, Premonition (Part 2)

No comments exist

Akhirnya keinginan para Fan Sailor Moon dipenuhi oleh Toei di Season 3 Sailor Moon Crystal ini. Animasi yang telah dipoles dengan jauh lebih baik dari 2 season sebelumnya ini membuat Reboot ini mampu menjadi persembahan terbaik bagi fans-nya. Juga mampu bercerita lebih baik daripada versi tahun 90-an nya karena sangat mengikuti alur manga-nya di Infinity Arc (itu tuh, yg melawan Dead Busters dan kemunculan Sailor Uranus dan Neptunus). Tidak ada lagi filler (cerita tambahan) yang membuat cerita jadi molor sehingga setiap episode tidak tampil generik. Jadi semakin berasa nonton anime premium ala Sword Art Online deh.

Kali ini Bang Ganteng akan menulis rekap pendek dan review untuk episode 2 saja. Oh ya, tulisan ini tetap mengandung spoiler.

image

Tidak bisa tinggal diam setelah kemunculan monster di daerah Juban, para prajurit Sailor memutuskan untuk menyelidiki Akademi Mugen. Karena semua informasi yang telah dikumpulkan oleh Luna dan Artemis selalu terkait dengan Mugen.

image

Baru tiba di depan gedung akademi Mugen saja, Ami dan Rei sudah mendeteksi keanehan atmosfer dan udara yang mengelilingi gedung tersebut. Minako kembali merasakan ada yang sedang mengawasi mereka. Usagi menggunakan pena perubah kostum untuk menyamar menjadi murid Mugen dan nekad masuk gedung sendirian. Agak ceroboh memang.

image

Chibiusa sedang bermain di taman hiburan bersama teman-teman nya. Mamoru diminta untuk menjaga ditemani oleh Adek kelasnya Asanuma (cowok yang naksir Makoto di season 2). Tiba-tiba topi Chibiusa terbang terbawa angin ke arah gedung Mugen. Chibiusa mengejarnya. Mamoru kaget dan ikut mengejar Chibiusa.

Tiba-tiba Usagi, Chibiusa, Mamoru dan Rei cs mendengar alunan biola yang dimainkan oleh Michiru Kaio. Michiru yang memergoki Usagi langsung menyuruh nya untuk segera kabur. Haruka muncul secara tiba-tiba di depan Rei cs dan memberi peringatan serupa.

Chibiusa akhirnya menemukan topi nya. Di situ dia memergoki seorang siswi Mugen sedang kesakitan seperti kehabisan nafas. Usagi yang berhasil kabur lewat pintu belakang, bertemu Chibiusa. Begitu juga Rei cs.

Para Witches 5 yang sudah tahu kedatangan Usagi cs, melepaskan telur Daimon ke seekor kucing dan tumbuh menjadi monster ganas.

image

Usagi cs berubah menjadi prajurit Sailor Moon, Sailor Chibi Moon, Sailor Mars, Sailor Mercury, Sailor Jupiter dan Sailor Venus. Pertarungan menghadapi monster tersebut pun dimulai. Serangan 4 prajurit Sailor berhasil melemahkan sang monster.

image

Dengan serangan pemungkas nya, Moon Spiral Heart Attack, Sailor Moon berhasil mengalahkannya.

… Dan mengembalikan si kucing ke kondisi semual…. Wew…

image

Dengan kalahnya monster Daimon, kelima Witches 5 kabur. Prajurit Sailor dikagetkan dengan kemunculan dua sosok yang dari tadi terus mengawasi pertempuran mereka. Belum sempat bertanya siapa mereka, kedua sosok tersebut langsung terbang jauh.

Melihat lengan Sailor chibi moon yang terluka, gadis misterius tadi langsung menyembuhkan nya dengan menggunakan energi misterius. Terkesan, Chibiusa memperkenalkan dirinya sebagai Prajurit Sailor yang sedang ditraining. Keliatan banget kalo Sailor Moon gemes liat Sailor Chibi Moon yang membuka identitas nya sembarangan, Gadis misterius itu kemudian memperkenalkan dirinya sebagai Hotaru Tomoe.

Review :

Oke, Bang Ganteng memang tidak jago dalam menulis rekap cerita. Terlihat terburu-buru banget kan? Terlalu banyak yang harus aku tulis. Jadi, harap maklum, ya.

Di episode kali ini, para Prajurit Sailor memang masih belum mengetahui musuh mereka sebenarnya, tapi mereka setidaknya yakin 100% jika Akademi Mugen ada hubungannya. Inisiatif yang mereka ambil untuk menginfiltrasi gedung Mugen memang terkesan ceroboh, tapi ini penting bagi mereka untuk menentukan taktik selanjutnya.

Kelima Witches 5 tampak akur satu sama lain dalam menjalankan tugasnya, berbeda sekali dengan versi anime lama, dimana mereka saling bermusuhan. Ini bisa dimaklumi karena versi Sailor Moon Crystal tidak lagi menyajikan “monster of the week” sehingga para Witches 5 lah yang langsung dihadapi oleh Prajurit Sailor tiap minggu nya. Jujur, untuk hal ini, aku lebih suka versi anime 90-an. Karena tiap Witches 5 jadi punya karakter yang lebih hidup. Juga, tampaknya Dead Busters sudah mengetahui identitas semua prajurit Sailor.

image

Sosok Haruka Teno dan Michiru Kaio masih misterius, namun Sailor Moon sudah bisa menduga bahwa salah satu sosok yang terus mengamati pertarungan mereka adalah Haruka. Mungkin di episode ke-3 akan lebih fokus kepada dua sosok ini. Syukur-syukur kalo bisa lihat versi Henshin mereka. Aamiin.

Semakin jelas jika Sailor Moon Crystal mampu mengembalikan sisi humor yang hilang di season 1 dan 2. Terlihat banget dari gaya Usagi yang kembali cengeng dan ketakutan saat dikejar monster. Walau tentu saja tidak akan se-epik versi anime lama.

Terakhir, walau adegan Henshin dan Intro para Sailor sangat keren di season 3 ini, Abang merasa ini perlu dipersingkat mengingat 2 episode berturut-turut ini sangat memakan durasi. Lebih baik dioptimalkan untuk pertempuran saja. Iya, gak?

Oh ya, ngomongin pertempuran, adegan berantem nya epik dan tidak terlalu mengandalkan stock footage. Para Sailor tetap bisa terbang seperti versi Manga nya. Jurus mereka yang ada di manga mampu diadaptasi dengan memukau di versi anime ini. Keren nya lagi, koreografi Moon Spiral Heart Attack cukup mirip dengan versi lama! Malah tambah makin gokil dengan tongkat Heart Rod yang melemparkan bola energi berbentuk hati berputar layaknya gasing yang langsung menghantam musuh. Epik!

image

Oke, segini dulu rekap singkat dan review dari Bang Ganteng. Semoga bisa lanjut ke episode berikutnya. Yuk yaaakk yuuuukkk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *