Ghostbusters (2016) : Mbak-Mbak Pemburu Hantu

3 comments
Ghostbusters-poster
Sebagai usaha Reboot, Ghostbusters (2016) memiliki cerita yang berdiri sendiri dan tidak terhubung dengan film-film atau serial tv sebelumnya. Disutradarai oleh Paul Feig, film ini hanya menyisakan tema Pemburu Hantu dengan pendekatan ilmiah yang kali ini dilakukan oleh 4 orang Mbak-Mbak yang terdiri dari Melissa McCarthyKristen WiigKate McKinnon dan Leslie Jones, bukan laki-laki seperti pendahulunya.

 

Ghostbusters 2016

 

Saya termasuk salah satu fans yang kaget saat pertama kali hal ini diumumkan beberapa tahun yang lalu. Banyak sekali pro kontra yang muncul mengenai pilihan yang jatuh kapda para aktris komedian SNL tersebut. Di Indonesia, SNL itu mirip Stand Up Comedy. Apalagi setelah melihat trailer pertama dan ke dua nya yang rada garing, mau tidak mau saya merasa pesimis. Namun setelah menyaksikan film-nya, saya menganggap reboot ini telah berhasil menyajikan hiburan komedi yang walau agak kasar namun tetap berhasil mengocok perut. Jelas pantas menjadi penerus franchise film Ghostbuster.

 

Sinopsis:

 

Drs. Erin Gilbert (Kristen Wigg) kaget saat sahabat semasa kecilnya, Drs. Abby Yates (Melissa Mccarthy) mempublikasikan buku ciptaan mereka yang membahas keberadaan aktifitas hantu dan supernatural secara online di situs Amazon. Merasa jabatannya sebagai Profesor Fisika di Universitas Columbia terancam akibat kepopuleran buku tersebut, Erin mendatangi Abby untuk menghentikan publikasinya.

 

Ghostbusters 2016

 

Agar Abby mau, Erin setuju menemani Abby dan koleganya, ahli mesin ekstenrik, Dr. Jillian Holtzmann dalam menginvestigasi aktivitas paranormal di sebuah villa bersejarah. Mereka bertiga berhasil menyaksikan dan merekam kemunculan hantu ganas yang menyemburkan cairan hijau lengket menjijikkan ke Erin. blegh.

 

Ghostbusters 2016

 

Dengan kejadian tersebut, Abby berhasil meyakinkan Erin untuk kembali bergabung dengan nya demi mengungkap fenomena penampakan hantu yang semakin sering terjadi di kota New York. Itu, setelah Erin dipecat oleh pihak Universitas Columbia akibat ketahuan berinteraksi dengan kegiatan supernatural di video yang direkam dan diposting Abby ke youtube.

 

Bersama Patty Tolan (Leslie Jones) yang sangat mengetahui seluk beluk kota mereka dan Kevin (Chris Hemsworth), resepsionist mereka yang ganteng tapi tolol, keempat mbak-mbak ini membentuk jasa penanggulangan serangan hantu bernama Ghostbusters. Tentu tidak akan lama sampai mereka tahu bahwa penampakan para hantu hanya merupakan awal dari bencana keji yang sedang mengancam kota mereka.

 

Ghostbusters 2016

 

Review:

 

Akhirnya kesampaian juga nonton film Ghostbusters versi 2016 ini. Yes! Yes Yes Yes Yes!!! Masih teringat bahwa dulu sekali aku menikmati film pertamanya yang rilis tahun 1984 hanya melalui stasiun tv swasta. Maklumlah, waktu itu di kampung halaman masih belum ada bioskop (hingga sekarang). Berburu hantu dengan menggunakan teknologi ilmiah berlandaskan ilmu fisika (sambil menyinggung korelasi antara ektoplasma dan perwujudan hantu) akan menjadi tontonan yang membosankan. Namun, setelah disajikan dengan komedi dan lucu lucu-an ala Bill Murray cs dan dipadu padankan dengan CGI canggih kala itu, hasilnya tentu saja menjadi Box Office yang luar biasa, memiliki fans setia dan review kritikus yang hebat.

 

Oke, cukup dengan ngomongin film pendahulunya. Hahahahaha …

 

Versi 2016 ini sebagai film tidaklah sempurna. Banyak sekali pemotongan scene yang terasa. Durasi nya yang terasa cukup singkat dan sisi drama persahabatan Erin dan Abby yang kurang tergali. Mungkin nanti akan muncul versi extended nya. Dari segi spesial efek sendiri, kurang menyatu alias terlalu “cartoonish” terutama saat pertempuran melawan para hantu di paruh akhir. Warga kota-nya yang sibuk berlarian mendadak hilang entah kemana dan hanya menyisakan 1 area kosong untuk pertempuran.

 

Screenshot_20160803-123848

 

Kendati begitu, sebagai film komedi, film ini sangat sukses mengocok perut. McCarthy dengan omelan bawel dan resek nya mampu diimbangi Wigg yang kalau ngomong suka terlihat lemah dan salah terus. Chemistry keduanya sebagai sahabat baik sangat apik

 

Ghostbusters 2016

 

Chris Hemsworth juga tampil kocak mendampingi para Ghostbusters sebagai Kevin si ganteng tapi bego. Pokoknya film ini jauh deh dari Humor garing. (Bang Ganteng)

 

Ghostbusters 2016

 

 

Powered by WP Review

3 Comments on “Ghostbusters (2016) : Mbak-Mbak Pemburu Hantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *