Review App SwiftKey : Keyboard Cakep Ngetik Cepat

No comments exist

Sebagai 3rd Party App, SwiftKey menjadi keyboard app yang wajib instal di semua gadget ku. Akurasi dan kecepatan adalah faktor penting yang aku perlukan dalam mengetik. Freemium App satu ini mampu memberikan itu semua.

 

Swiftkey Photos

 

Kali ini aku akan mereview aplikasi keyboard bernama SwiftKey. Kucoba membahas nya berdasarkan pengalaman ku sebagai salah satu user nya. Semoga setelah membaca ini kalian jadi tertarik untuk mencobanya. Link untuk mengunduh SwiftKey bisa ditemukan di bagian terbawah artikel.

 

“Sebelumnya mohon maaf karena pada review app kali ini masih belum ada sistem rating. Aku masih mencari cara penilaian terbaik terhadap jenis aplikasi/ software.”

 

 

Yes, Swiftkey Is A 3rd Party App, But It Rocks!!

 

SwiftKey adalah 3rd Party app yang bisa menggantikan keyboard (salah satu Metode Input) pada gadget Android dan iOs (versi 8 ke atas). Salah satu fitur terbaik nya adalah Swipe Typing, yaitu mengetik cepat dengan hanya menggeser (menyapu) jari dari huruf ke huruf pada keyboard yang akan memunculkan kata-kata terprediksi oleh app ini. Prediksinya cukup akurat. Didapatkan dengan menggunakan campuran dari beberapa teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk mempelajari tingkah laku user dalam mengetik juga dari koleksi kosa kata yang sering digunakan.

 

Swiftkey Photo

 

Walau awalnya merupakan aplikasi berbayar di Android, kemampuan app ini membuatnya cukup terkenal dan memiliki user yang banyak. Salah satu app berbayar dengan unduhan terbanyak di Google Playstore kala itu. Bahkan dengan iOS 8, Apple mulai membuka celah untuk memperbolehkan user nya menggunakan app ini dan 3rd party keyboard app lainnya. Per Juni 2014, app ini menjadi gratis untuk didownload. Hingga akhirnya per Pebruari 2016, Microsoft membeli aplikasi ini seharga $ 250 Juta.

 

Pssstt… padahal SwiftKey belum rilis untuk windows phone.

 

 

While It’s Free, It’s Also Elegant And Complete In UI Design

 

Sekilas, susunan huruf nya hampir sama dengan keyboard pada umumnya. Masih menggunakan desain Qwerty. Akses untuk berpindah ke simbol dan emoji pun lengkap tersedia. Ukuran keyboard bisa di-resize menjadi 5 mode.

 

Swiftkey Photo

 

Mulai versi ke-5, ada pilihan untuk menambahkan Number Row (Baris angka 0-9) di bagian atas. Ini akan mempermudah dalam mengetik tanpa harus berpindah mode keyboard. Terutama pada kata yang bercampur dengan angka seperti username alay atau pin BBM. Hehehehe.

 

Swiftkey Photo

 

Sejak digratiskan, tim developer nya mulai mencari pemasukan dengan menjual tema-tema yang tersedia di SwiftKey Store. Store tersebut bisa diakses di SwiftKey langsung. Ada yang gratis dan berbayar. Bagi ku sih yang gratis saja sudah lebih dari cukup. Bahkan pada event-event tertentu, ada beberapa tema unggulan premium yang diobral. Kalau beruntung, kita bisa mendapat tema keren secara gratis. Misalnya saat menjelang natal.

 

Swiftkey Photo

 

 

Swipe Typing Dan Split Board

 

Mengetik di SwiftKey bisa dengan mengetik seperti biasa atau dengan Swipe Typing yang sudah dijelaskan di atas. Swipe Typing tentu lebih seru dan nyaman. Kenyamanan tergantung dari ada tidaknya lag pada gadget. Beberapa kali aku mengalami pengetikan yang lambat karena kebetulan hp ku sedang lag akibat RAM yang habis dikuras oleh app lain.

 

Swiftkey Photo

 

SwiftKey juga bisa melambat akibat aktivitas sinkronisasi dimana SwiftKey berusaha mengupload dan mendownload database kosa kata. Namun ini tidak sering terjadi dan database kosa kata juga tidak terlalu besar size-nya.

 

Kita bisa menonaktifkan sinkronisasi database kosa kata dan memilih untuk disimpan di gadget saja. Aku sangat menyarankan untuk login dengan Google Account dan mengaktifkan sinkronisasi ini. Karena jika berganti Gadget baru atau Gadget mengalami clean reset, database kosa kata tetap tersedia.

 

Swiftkey Photo

 

Untuk pengguna tablet yang layarnya cukup lebar, keyboard bisa di-split/ belah menjadi dua. Di sisi kanan dan kiri. Sehingga memungkinkan mengetik dengan dua tangan sambil memegang tablet. Aku pernah mencoba fitur ini dengan tablet ku. Fitur ini cukup membantu, hanya saja tablet ku cukup berat sehingga aku lebih sering meletakkannya di atas meja saat mengetik.

 

Fitur lain yang layak dicoba adalah Undock. Dimana keyboard bisa digeser dan diletakkan di bagian layar mana saja. Lumayan berguna jika Gadget berukuran besar atau menjalankan 2 App secara split screen.

 

Swiftkey Photos

 

 

Mudah Mengetik Dengan Auto Prediction, Auto Correct dan Auto Emoji

 

SwiftKey mampu mengakses 2-3 bahasa sekaligus saat digunakan. Ini membantuku dalam menghindari typo (salah ketik). Terutama saat aku senang menggunakan kalimat campur-campur Indonesia dan Inggris. Koleksi bahasa nya yang cukup lengkap membantu memberi prediksi (Auto Prediction) lebih baik. Aku selalu mengeset ke bahasa indonesia, inggris (USA) dan Jawa.

 

Swiftkey Photo

 

Swiftkey Photo

 

Mengaktifkan Auto-Correct pun tidak akan menjadi masalah karena kalimat mu akan “hampir” selalu benar. Beda dengan aplikasi keyboard lain yang memaksa kita untuk mematikan auto correct. Ya iyalah! kan sering malu-maluin kalo typo. Namun jika memang tidak yakin, fitur ini tetap bisa dimatikan. Terutama saat menulis email resmi di gadget.

 

Swiftkey Photo

 

Tidak hanya kata, SwiftKey juga mampu memprediksi emoji yang bisa dipakai. Semisal aku ketik kata “pizza”, pada bagian prediksi, akan muncul emoji pizza. Emoji siap di klik untuk menggantikan kata atau diletakkan setelah kata tersebut seperti gambar di bawah ini. Keren loh!

 

Swiftkey Photo

 

 

Isu Keamanan Yang Sempat Heboh Kemarin Itu….

 

Beberapa waktu lalu muncul isu keamanan pada SwiftKey. Dimana data-data penting user seperti password bisa di-hack (diakses oleh hacker). Aku waktu itu sempat khawatir sampai meng-uninstal App ini. Begitu pula dengan teman-teman ku.

 

hands-1004271_1280

 

Namun, ternyata itu hanya terjadi pada swiftkey yang pre-loaded (sudah terinstal saat diproduksi) pada smartphone Samsung saja. Tidak pada SwiftKey yang tersedia di PlayStore.

 

Selain itu, historikal pengetikan dan kosa kata disimpan terenkripsi sehingga pihak SwiftKey tidak bisa mengetahui rahasia para user. SwiftKey juga tidak pernah menyimpan password dan nomer dengan digit panjang sehingga nomer kartu kredit akan aman.

 

 


 

Mengetik di gadget (seperti hp dan tablet) itu harus enak. aduh sorry. harus nyaman. Juga cepat dan efisien. Ada yang merasa cukup dan terbiasa dengan keyboard bawaan. Ada juga yang bosan dan ingin keyboard berwarna atau yang cara mengetik-nya unik.

 

Finally, kenyamanan menggunakan SwiftKey atau 3rd party keyboard lainnya kembali pada user masing-masing. Apakah mau mencoba dan membiasakan diri dengan keyboard baru atau tidak. (Bang Ganteng)

 

Swiftkey Photos

 

Download Versi Android dari Google Playstore

Download Versi IOS dari AppStore

 

  • Original Author : Jon Reynolds and Dr Ben Medlock
  • Developer : Swiftkey (Subsidiary of Microsoft)
  • Website :  swiftkey.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *