Review App JOOX – Player Musik Legal Dengan Fitur Lengkap

No comments exist

Kali ini Bang Ganteng akan membahas Aplikasi musik streaming bernama JOOX. Aplikasi yang di-launching di Indonesia pada 20 Oktober 2015 ini menyajikan layanan musik streaming (dengar langsung dengan menggunakan jaringan internet) gratis pada pengguna Android dan iOS. Koleksi musik bisa download secara legal dengan berlangganan terlebih dahulu.

 

Kita semua pasti suka mendengarkan musik. Musik mampu mewarnai hari kita dengan berbagai genre dan pilihan. Bayangkan saat kamu tinggal dengan mudahnya mendengarkan lagu yang kamu inginkan kapan pun dan dimanapun. Namun tahukah kamu, hancurnya industri musik di seluruh dunia disebabkan oleh para pendengar yang lebih memilih mengoleksi lagu dengan cara mengunduh file mp3 nya dari situs ilegal. Kerja keras pabrik kaset akhirnya tak terbayar. Album fisik tidak laku. Para penyanyi harus berlari dari satu panggung ke panggung lain hanya untuk mendapat uang dari penampilan Live. Atau bikin celetukan aneh-aneh kayak Princess Syahrini. Tragis, kan? Hehehehe..

 

Bang Ganteng pertama kali mencoba JOOX pada awal bulan April. Saat itu Abang langsung mendapat Trial gratis selama 1 bulan. Asyeekkk… Dari trial tersebut, Bang Ganteng mengakui aplikasi ini cukup bagus dalam menyajikan layanan musiknya. Gak percaya? Oke, Abang bahas satu persatu:

 

JOOX Front Layout

 

 

Sayangnya, koleksi lagu masih tidak lengkap, IMO

 

KOLEKSI NYA TIDAK LENGKAP. Hahahaha… Ya, koleksi nya tidak selengkap yang Bang Ganteng harapkan. Itu menurut Bang Ganteng loh. Contohnya, saat tulisan ini Abang posting, OST. Ada Apa Dengan Cinta 2 masih belum tersedia, bahkan single Ratusan Purnama pun belum ada. Padahal di layanan musik streaming lain sudah ada sejak awal april.

 

Ini mungkin karena JOOX belum mendapatkan ijin saja untuk lagu yang dimaksud. Namun, Bang Ganteng patut akui bahwa pustaka lagu yang disajikan oleh JOOX cukup banyak jumlahnya. Jadi, untuk hal ini, kembali kepada kita pengguna, apakah kita mampu mendapatkan lagu yang kita inginkan atau tidak.

 

 

The Player Itself Is Very Awesome

 

Tampilan desain Player nya sangat cantik dan enak dilihat. Tombol-tombol mudah diakses. Tema background bisa dirubah sehingga tidak akan membuat bosan saat kita mencari-cari lagu.

 

Kita bisa mendownload lagu yang disajikan di JOOX (setelah berlangganan). Proses nya cukup mudah dan Bang Ganteng sendiri hampir tidak pernah gagal. Bisa disetting untuk diletakkan di External Card sehingga memory gadget lebih lega. Tentu saja, lagu yang sudah didownload tersebut tidak bisa dideteksi dan diputar menggunakan aplikasi lain. Setidaknya, bisa dengarin saat Offline itu sudah super banget bagi Bang Ganteng.

 

JOOX Music Player

 

Lagu-lagu yang ada di JOOX sebagian besar disertai lirik. Cocok buat yang senang karaoke-an. Cuman belum ada fitur pengubah ke minus 1 ala Musicmatch.

 

Player JOOX dengan mudahnya bisa memutar koleksi lagu offline yang ada di hp kita dan menyatukannya dengan koleksi lagu yang kita download dari JOOX. Ini adalah Poin Plus Banget!

 

Pokoknya selama menggunakan, Bang Ganteng tidak pernah menemukan yang namanya error, forced close dan tidak responsif pada Player JOOX ini.

 

JOOX Playlist

 

JOOX Playlist

 

 

Sounds Better Even In Streaming Quality

 

CUKUP BAIK. Selama streaming lagu, Bang Ganteng Hampir tidak pernah menggunakan jaringan data dan selalu menggunakan wifi yang cepat sehingga tidak pernah mengalami kendala. JOOX ternyata menyediakan setting untuk menentukan seberapa besar data internet yang akan dihabiskan untuk mendengar lagu. Bagi pendengar awam kayak Bang Ganteng, perbedaan kualitas antar tipe streaming tidak begitu terdengar.

 

JOOX Streaming Setting

 

 

Comes With Standard Price And Easy Payment

 

MAHAL sih… Tapi, Banyak GRATISAN plus BELI-nya GAMPANG! Paket VIP Mingguan Rp 25rb dan bulanan Rp 49rb. Ini standar sih, jika ingin para musikus terus berkarya loh ya. Soalnya JOOX sendiri memberi royalti kepada mereka. Jadi pikirkan itu saat membeli paket nya. Insya Allah kamu bakal lebih ikhlas.

 

Proses beli nya gampang! Bisa dengan menggunakan billing pulsa yang pada Google Play Store. Tinggal potong pulsa. Gak ribet kok. Ini contohnya:

 

JOOX Subscribtion Purchase

 

Pengguna yang baru daftar pertama kali bakalan dapat paket VIP gratis 1 Bulan!!! Kayak Bang Ganteng. Selain itu, jika kamu share lagu ke FB atau Wechat, bakalan dapat paket VIP selama 1 hari. Lumayan…

 

JOOX Subscription

 

Masih berasa mahal? Kita tetap bisa mendengarkan lagu kesukaan kita. Akan tetapi hanya lewat streaming. Itu pun, siap-siap aja disodorin iklan berisik kayak Spotify.

 

 

Other Stuff…

 

Fitur RADIO membantu kita menjelajah koleksi musik berdasarkan genre, negara dan tahun risil. Bahkan ada “Editor Picks” yang menyajikan daftar lagu-lagu pilihan para pakar di bidang musik. Jadi ini bukan radio FM, tapi hanya fitur memutar lagu secara acak dan streaming. Not bad, kan?

 

JOOX Radio

 

Kita bisa memamerkan musik yang kita dengarkan dengan menu Share Lagu ke Facebook atau WeChat. Sebenarnya gak penting sih, tapi lumayan keren pada karena Post Facebook kita akan tampil album art dari lagu yang kita share.

 

image

 

TIMER mampu membantu mereka yang sering ketiduran saat dengar musik. Tinggal setel kapan JOOX berhenti memutar lagu, setengah jam atau 1 jam kemudian.

 

JOOX Setting Panel

 

JOOX menawarkan fitur DTS sehingga hasil audio menjadi jauh lebih baik. Tapi Bang Ganteng sendiri tidak merasakan perubahannya. Mungkin tergantung hardware audio gadget nya kali ya.

 

JOOX juga bisa diakses melalui situs internet nya. Dari situ, kita tinggal login dan voila! semua playlist kita muncul dan bisa diputar secara streaming.

 

image

 


Nah, itulah review dari Bang Ganteng untuk App JOOX ini. Bagaimana menurut kalian? Apakah tertarik untuk mencobanya? Ingatlah bahwa ini App ini berusaha membantu para Musisi untuk terus berkarya.

 

Bagi pengguna Gadget Android, Aplikasi ini bisa didownload dari Google Playstore melalui link di bawah ini;

Link Download JOOX di Google Play ini

 

Semoga review ini bermanfaat. Sampai jumpa di review App berikutnya. (Bang Ganteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *