Review Aplikasi Google Photos – Penyimpanan Tak Terbatas

3 comments

Punya banyak foto dan video hasil jepretan smartphone memang susah ngaturnya. Gak semua bagus dan layak dipamerkan di social media, tapi… Kok rasanya sayang banget buat dibuang ya. Akhirnya jadi menuhin memory hp deh. Disinilah Google Photo bisa menyelamatkan kita dari kegalauan ini. Ya, ini adalah salah satu app favorit Bang Ganteng dan wajib instal.

Google Photos sesuai namanya merupakan salah satu aplikasi buatan Google yang bisa menjadi tempat penyimpanan foto (dan video) kita secara online sehingga bisa diakses dimanapun, selama ada internet. Dan untuk menggunakannya, kamu harus menggunakan akun Gmail. Awas, jangan sampai lupa password Gmail mu.

Kamu mungkin berpikir dalam hati, buat apa sih nyimpan foto dan video ke Online. Kan cukup simpan di pc atau Harddisk Portable. Yeee… terlepas dari berbagai fitur Google Photos yang mantap, membackup secara online itu penting karena file nya bisa diakses dimana pun. Beda dengan Hdd dan PC yang ribet dibawa dan dibuka di mana saja, apalagi masa hidup pc dan hdd hanya 5 tahunan. Jadi, backup online itu harus dilakukan. Setidaknya sebagai alternatif ya.

Aplikasi ini bisa diakses di halaman Web-nya. Bagi pengguna Android bisa download dulu di Android Playstore. Untuk iOS juga ada. Note: Untuk app versi iOS hanya kompatibel dengan iOS 8.1.

Maaf, tidak tersedia di Windows Phone. Ini akibat pertengkaran antara Microsoft dan Google yang tidak kunjung berhenti. Tapi jangan khawatir, ada aplikasi client yang bisa diinstal pada windows dan iOs kok. Cuman, pengguna Windows Phone… Gak bisa make…. Hehehehehe…

Ayo cek dulu video iklan Goolge Photos di bawah ini.


image

Semua foto dan Video yang telah dibackup bersifat private alias hanya bisa dilihat oleh pemiliknya sendiri. Pihak Google hanya menggunakan pemrograman algoritma untuk membantu mengolah koleksi kita.

Foto dan Video akan dikategorikan per timeline atau per hari mereka diambil. Semua meta data akan tetap tersimpan. Akan lebih baik setiap kali kita menjepret, camera bisa menyimpan lokasi tempat pengambilan. Percaya deh, hal ini nantinya akan sangat membantu pada fitur album.

image
Tampilan Thumbnail per hari
image
Tampilan Thumbnail per Bulan

Kita bisa dengan mudah membuat album sehingga koleksi kita bisa lebih terorganisir. Bahkan di versi terbaru, kita bisa menambahkan tulisan, location bahkan Google Maps pada album.

Kita juga bisa membagikannya kepada pengguna lain melalui link. Iya, link internet yang hanya 1 kalimat itu. Jadi kita tidak perlu download dan membagikan foto dan video satu demi satu. Jika pengguna lain memilih “Join” saat membuka album yang kita bagikan, ini akan menjadi Shared Album. Dengan Shared Album, sesama pengguna bisa saling menambahkan foto baru. Asyik kan???

image

Berbagi storage dengan layanan Google lainnya seperti Gmail dan youtube, penyimanan pada Google Photos berkapasitas 15Gb untuk pengguna free (gretongan). Tapi, Google rela memberikan penyimpanan tanpa batas secara gratis alias tidak memakan Storage 15 Gb tadi, Jika memenuhi syarat High Quality berikut:

  1. Resolusi Foto yang diupload tidak lebih dari 16 mega pixel
  2. Resolusi Video yang diupload tidak lebih dari 1080p

Untuk memudahkan pengguna, pada aplikasi Google Photos terdapat fitur auto backup. Sesuai namanya, jika fitur ini diaktifkan, semua foto dan video yang baru saja kita tangkap melalui smartphone atau tablet, akan secara otomatis diupload. Pada bagian setting, kita bisa memilih apakah akan menggunakan High Quality (kualitas tinggi) atau Original (asli).

image

Jika memilih High Quality, foto akan dibackup tanpa memakan storage google account. Selama foto dan video masih memenuhi kedua syarat di atas, akan disimpan sesuai asli. Namun jika lebih, maka akan diresize oleh Google secara otomatis. Kualitasnya tentu bagus untuk hasil cetak foto biasa. Video pun tampil secara full hd dan jernih.

*Note : Walau kualitas foto masih dibawah 16 Mp, Google tetap akan me-resize foto. Namun hasil ketajaman dan kualitas-nya akan tetap sama dengan yang asli.

Untuk Original, foto akan dibackup apa adanya, jika size nya melebihi ketentuan High Quality, maka tetap akan disimpan sesuai aslinya. Cocok banget buat fotografer dan desainer grafis yang ingin fotonya tetap kinclong. Apalagi jika diprint di ukuran besar. Tentu saja Ini akan langsung memakan storage Google Account kita. Jadi pastikan kamu sudah berlangganan storage tambahan mengingat 15 Gb akan dengan mudah cepat habis dan jika itu terjadi, kamu tidak bisa menerima email di Gmail atau upload video lagi di youtube.

Tentu saja Bang Ganteng memilih High Quality. Karena toh Hp Abang resolusi nya hanya 8mp 😉

image

Jika ingin menghemat Quota internet, pada bagian setting pilih upload melalui wifi saja. Ini akan membantu banget bagi yang punya wifi di rumah, di kantor atau senang nongkrong di wifi.id corner.

Bagi Bang Ganteng, Quota internet seluler lebih baik dipake cuman buat surfing web, socmed dan chatting. Toh backup bisa dilakukan besok atau lusanya begitu sudah nemu jaringan wifi. Kamu juga lebih baik berpikir seperti itu.

Secara default, Foto & Video yang dibackup adalah yang tersimpan di folder Camera saja. Jika ingin media pada folder lain (album whatsapp, bbm, dll) juga dibackup, kita bisa atur pada bagian setting seperti gambar di bawah ini.

image
Tampilan setting folder yang sifat backup nya opsional

Bang Ganteng sangat tidak menyarankan ini. Karena nilai kenangan pada foto whatsapp dan hasil downloadan itu tidak ada. Jadi, buat apa dibackup. Kalo memang segitu sayangnya, kamu bisa pindahkan secada manual foto dan video yang kamu inginkan ke folder camera. Awas, jangan sampai kamu membackup film dan anime yang ada di hp ke Google Photos.

Google Photos berkerja bersama-sama dengan Google Drive. Semua foto yang ada di Google Drive bisa ditampilkan di Google Photos. Begitu pula sebaliknya. Pada Drive, foto dan video terletak di folder nya sendiri. Disajikan per tahun dan per bulan. Ini penting bagi kalian yang ingin menyimpan copy file nya di PC kalian sebagai cadangan.

image

Dulu sekali, Bang Ganteng pernah kehilangan Google Account. Sebenarnya sih di suspended oleh Google karena melanggar ketentuan mereka. Nah, semua data baik itu foto, video, kontak dan catatan yang abang backup ke Google nyaris hilang. Untungnya abang sudah membackup semuanya ke komputer untuk diakses secara Offline. Sehingga aman deh.

Oke, segini dulu ulasan dan review aplikasi Google Photos. Memang Bang Ganteng masih belum sempat menulis fitur-fitur nya secara lengkap. Ini akan Bang Ganteng tulis di post berikutnya ya. Sampai jumpa.

image

Yuk yaaakk yuuukkk…

3 Comments on “Review Aplikasi Google Photos – Penyimpanan Tak Terbatas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *