Mudik 2016 Eps 5 – Mampir Sebentar Di Rumah Betang Pasir Panjang

No comments exist

Rumah Betang

Setelah membeli tiket kapal tujuan Surabaya di Kumai, aku pulang mengendarai motor melalui jalanan daerah Pasir Panjang. Beberapa menit berkendara, aku memutuskan menepi dan berhenti. + 5 km dari Kumai berdiri kokoh sebuah Rumah Betang, Rumah adat suku Dayak. Dikeliling halaman luas dan dilindungi pagar rapat, ini adalah ada sebuah objek wisata buatan Pemda Kotawaringin Barat.

 

 

 

 

 

Rumah Betang, Rumah Adat Suku Dayak – Wahana Kearifan Lokal

 

Pagar Kayu

 

Sebenarnya sudah berkali-kali aku melewati tempat ini. Namun tidak pernah sekalipun mampir. Kali ini aku beranikan diri untuk masuk ke dalam. Kebetulan tidak ada penjaga. Sepi. Bahkan tidak ada siapa pun. Kesempatan nih buat foto-foto.

 

Note : Ternyata untuk masuk area ini memang gratis, hanya tidak boleh masuk ke dalam Rumah Betang.

 

Pintu Gerbang Tidak Ada Yang Jaga

 

Area ini lumayan luas. Dikelilingi pagar kayu yang tinggi. Rerumputan hijau yang tersebar rapi dan terawat di halaman. Rumah Betangberbentuk rumah panggung, berdiri tegak + 3 meter dari tanah. Ditopang kayu ulin kokoh yang konon katanya belum pernah direnovasi. Tangga rumah cukup sempit. Kecil banget seukuran 2 telapak kaki. Aku jadi grogi untuk naik.

 

 

Solo Photographer And Traveler duh….

 

Akhirnya aku selfie eh no no no no! Berfoto di dasar tangga saja. Berhubung sendirian, otomatis tidak ada yang dijadikan tukang foto. Aku berdirikanlah smartphone kesayangan di tanah beralaskan tas agar bisa menangkap foto yang baik.

 

Bergaya di depan Rumah Betang

 

Alhasil, lumayan lah. Rerumputan di tanah masih terlihat. Namun aku bisa menangkap foto ku ber background rumah Betang dengan jelas. Bahkan wajahku tidak gelap, walau tanpa mengaktifkan mode HDR. Ini karena saat itu masih pagi dan rumah Betang dibuat menghadap ke arah matahari terbit.

 

Aku juga berhasil menangkap wide panorama dan photosphere dari area ini dengan baik. Beberapa kali sempat error. Bahkan aku sendiri agak kurang sabaran. Mungkin karena sengatan sinar matahari. Pada akhirnya semua terekam dengan jelas pada foto-foto di bawah ini.

 

 

 

Apa Saja Yang Tak Bisa Kulakukan

 

Aku tidak sempat mengelilingi rumah ini

 

Sayang sekali aku lupa membuat VLOG (rekaman ulasan dalam bentuk video) untuk rumah Betang ini. Aku juga tidak sampai menjelajahi sekeliling rumah karena agak khawatir dengan motor ku yang diparkir sendirian di tepi jalan. Apalagi aku sendirian. Ah sudahlah, tak mengapa. (Bang Ganteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *